Bakti Sosial : Operasi Gratis Bibir Sumbing & Celah Langit – Langit

Bakti Sosial : Operasi Gratis Bibir Sumbing & Celah Langit – Langit

Sebagai Rumah Sakit Rujukan Nasional di Provinsi Kalimantan Barat, RSUD Dokter Soedarso tetap memberikan pelayanan yang terbaik, bermutu dan profesional meskipun di era pandemi Covid-19. Dalam menjalankan visi dan misinya, salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat tidak mampu, RSUD Dokter Soedarso bekerja sama dengan Yayasan Parama Abhipraya secara rutin telah melaksanakan kegiatan bhakti sosial. Pada tanggal 5 dan 6 Maret 2021 mengadakan bakti sosial bibir sumbing dan langit-langit gratis bagi masyarakat kurang mampu yang pada tahun 2021 ini sudah berlangsung untuk yang ke 4 kalinya. Kegiatan ini dilaksanakan bersama antara Yayasan Parama Abhipraya, Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekontruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI), Smile Train dan RSUD Dokter Soedarso.

Bhakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit bagi masyarakat kurang mampu merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat tidak mampu khususnya kasus bibir sumbing yang telah dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Kegiatan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit ini diprakarsai oleh dr. Doni Setiawan Sp.Bp-RE yang merupakan Dokter Spesialis Bedah Plastik satu-satunya di RSUD Dokter Soedarso dan Kalimantan Barat.

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai pada tanggal 2 Maret 2021 dengan dilakukan screening berupa pemeriksaan swab PCR dan pemeriksaan pendukung lainnya diantaranya pemeriksaan darah, radiologi dan tahapan lain untuk dapat dilakukan operasi. Sehingga meskipun dimasa pandemi seperti saat ini, RSUD Dokter Soedarso tetap bisa mengadakan kegiatan bhakti sosial pada masyarakat dengan protokol kesehatan yang ketat.

Peserta berasal dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Barat. Setelah dilakukan screening, sebanyak 27 orang yang layak untuk dilakukan tindakan operasi.

Brosur Bhakti Sosial Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit-Langit ini sudah mulai disebar dari akhir Januari 2021, dan untuk dapat mengikuti kegiatan bhakti sosial ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya :

  1. Foto copy KTP & KK.
  2. Usia minimal 3 bulan & berat badan 5kg untuk operasi bibir sumbing.
  3. Usia minimal 10 bulan untuk operasi celah langit-langit.
  4. Kondisi umum sehat serta tidak batuk, pilek & demam.

Yuli Astuti Saripawan selaku Direktur RSUD Dokter Soedarso mengharapkan dengan adanya kegiatan ini yang secara konsisten dilakukan setiap tahunnya dapat membantu masyarakat Kalimantan Barat yang kurang mampu untuk melakukan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit. Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen RSUD Dokter Soedarso sesuai dengan misi Gubernur Kalimantan Barat yaitu untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif dan inovatif, tegas Saripawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp
Scan the code
Hallo
Ada yang bisa kami bantu?